Cara Mengatasi Jingling dan Serangan Robot Auto Visitor Pada Blog

Selamat datang di web TulisanIB. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sebuah tips bagi kalian (termasuk saya sendiri juga dijingling) yang terkena auto visitor alias jingling pada blog atau website kalian. Bagi kalian yang terkena jingling alias auto visitor ini mungkin merupakan kabar gembira untuk Anda.

Auto visitor itu sebenarnya apa sih?

Bagi yang belum tahu apa itu jingling ataupun auto visitor berikut akan penulis sampaikan.

Jingling atau Auto Visitor ini adalah sekumpulan robot yang mampir main ke website seseorang dengan jumlah yang terbilang cukup banyak, mungkin bisa puluhan pengunjung atau mugkin saja bisa sampai ratusan atau mungkin lebih banyak dari itu yaitu ribuan pengunjung robot. WOW!

Jingling ini pertama kali dibuat dari Cina dan Inggris. Dari Cina dibuat oleh Spiritsoft.cn dan dari Inggris dibuat oleh Ipts.com. Bahkan anak dalam negeri (Indonesia) pun juga ada yang membuat jingling seperti ini.

Web auto visitor atau jingling yang terkenal di Indonesia adalah jinganjing.blogspot.com, dan juga ada web jingling lainnya seperti Mbah Jingling.
Jangan mengjingling web orang dengan web jingling di atas ya, itu namanya berbuat zhalim.
Dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam meriwayatkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang berbunyi: "Hai hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan diri-Ku untuk berbuat zhalim dan perbuatan zhalim itu pun Aku haramkan diantara kamu. Oleh karena itu, janganlah kamu saling berbuat zhalim!" (HR. Muslim no. 4674, Syarh Shahih Muslim no. 2577)
Juga link-link jingling di atas ada yang menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya, harap nonaktifkan gambar pada browser jika ingin mengakses link-link jingling tersebut di dalam rumah karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam rumah.
Dari Jabir ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang gambar yang ada dalam rumah, beliau juga melarang membuat lukisannya." (HR. Tirmidzi no 1671, Maktabah al-Ma'arif no. 1749)
Baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang belum tahu caranya menonaktifkan gambar pada browser.

Fenomena serangan robot auto visitor alias jingling ini banyak dan sering terjadi menimpa blogger Indonesia dan membuat mereka resah gelisah cari cara untuk menangkalnya, termasuk saya sendiri.

Beberapa hari yang lalu sebelum penulis menerbitkan artikel tutorial cara mengatasi jingling dan auto visitor ini web TulisanIB didatangi oleh visitor tak diundang alias jingling oleh Mbah Jingling. Coba lihat gambar di bawah ini.

TulisanIB didatangi oleh visitor tak diundang alias jingling.

Alhamdulillah mbah-mbah jingling yang datang hanya sedikit, ratusan saja, ketimbang jumlah pengunjung jingling yang menimpa web lain mungkin bisa sampai ribuan.

Mbah jingling ini entah darimana tahu web TulisanIB padahal penulis sendiri sebelum menulis dan menerbitkan artikel ini tidak pernah membagikan link web TulisanIB ini ke grup-grup facebook.

Sebelum penulis menulis dan menerbitkan tutorial ini, Web TulisanIB adalah masih tergolong web baru juga belum populer. Artikel atau postingan di web TulisanIB juga masih sedikit sebelum penulis menulis dan menerbitkan artikel cara mengatasi jingling dan auto visitor ini.

Lalu apa saja dampak positif dan negatif menggunakan auto visitor atau jingling pada blog?

Dampak Positif

  1. Lalu lintas PageViews blog bisa meningkat tajam dari biasanya.
  2. Bisa mendongkrak artikel di hasil pencarian. Contoh seperti artikel muncul di halaman satu mesin pencari Google (page one), tapi ini dulu, sekarang mesin pencari seperti Google sudah sangat pintar, bisa membedakan mana spam dan mana bukan spam.
  3. Memberikan semangat pada diri sendiri karena pengunjung blog yang sedikit (ini sama saja bohong namanya).

Dampak Negatif

  1. Bisa dianggap SPAM dan kena penalty oleh mesin pencari seperti Google (kalau di Google, penalty atau hukuman ini biasa disebut dengan Google Sandbox) dan yang lainnya sehingga bisa berakibat posisi artikel turun pada hasil pencarian.
  2. Bisa meningkatkan bounce rate (tingkat pantulan) di blog kita, dan tentu ini tidak baik untuk blog kita di mata mesin pencari karena pengunjung jingling datang sangat singkat durasi waktunya, bisa saja mesin pencari menganggap artikel kita tidak relevan karena durasi kunjungan yang singkat.
  3. Bisa menyebabkan web menjadi down dan tidak bisa diakses dikarenakan memakan atau meningkatnya jumlah konsumsi bandwidth. Tapi tenang saja untuk pengguna Blogger.com (blogspot) karena server Blogger.com (blogspot) ini sendiri sangat kuat atau kenceng, stabil, dan tidak mudah down, mungkin berbeda dengan web self hosted seperti wordpress dan yang semisalnya.
  4. Menjadikan tidak semangat ngeblog lagi karena yang mengunjungi dan membaca artikel di blog sendiri adalah pengunjung robot bukan organik (manusia).
  5. Auto visitor ini juga bisa digunakan untuk menyerang blog lain jika ikut kontes atau lomba seo. Jangan dilakukan ya, karena berbuat zhalim itu dilarang dalam agama.
    Dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam meriwayatkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang berbunyi: "Hai hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan diri-Ku untuk berbuat zhalim dan perbuatan zhalim itu pun Aku haramkan diantara kamu. Oleh karena itu, janganlah kamu saling berbuat zhalim!" (HR. Muslim no. 4674, Syarh Shahih Muslim no. 2577)
  6. Jika mendaftar ke jaringan periklanan ppc (seperti Google Adsense dan yang semisalnya) akan diberi peringatan berupa keterangan Invalid Click atau Invalid Traffic, dan mungkin bisa saja berpeluang akunnya dihapus atau dibanned.
  7. Rank pada Alexa menurun atau menjadi tambah besar, contohnya: semula rank Alexa-nya 2.000.000, terkena jingling jadi 15.000.000.

Bagaimana cara mencekal auto visitor tersebut?

Berikut tips dan cara-cara yang penulis berikan untuk menangkal robot jingling auto visitor.

Untuk cara yang mengubah file robots.txt penulis sendiri sudah mencobanya dan ternyata tidak bisa untuk menangkal robot jingling dan auto visitor, juga mungkin bisa saja malah berakibat blog kita menjadi tidak bisa dicrawl atau diindex oleh mesin pencari.

Jadi, yang penulis share di bawah ini adalah cara-cara yang sudah penulis coba praktikkan dan terbukti bisa.

Menggunakan Script Anti Jingling

Alhamdulillah sekarang web TulisanIB bisa mencekal robot-robot jingling dengan menggunakan kode script javascript.

Kode ini pertama kali penulis temukan dari blog Inspectorpov, dan tidak bekerja untuk menangkal web jingling atau auto visitor.

Lalu pagi hari sehari sebelum menerbitkan artikel ini sekitar jam 9-11 kurang tidak sengaja saat blogwalking main ke blog Kode Jarwo menemukan artikel yang berjudul "10 Cara Redirect ke Halaman Lain dengan JavaScript dan jQuery".

Saya pun membuka artikel tersebut. Ketika saya coba salah satu script dari Kode Jarwo tersebut ternyata work atau bekerja!

Lalu saya modifikasi kode pengalihan dari blog Inspectorpov tersebut dengan kode dari blog Kode Jarwo, dan ketika dicoba berhasil untuk meredirect web yang mengjingling ke web kosongan.

Saya mencoba dengan menggunakan web Responsinator untuk melihat apakah kode yang sudah saya modifikasi bekerja atau tidak. Dan ternyata work! Bisa mencekal robot jingling yang menyerang ke blog kita.

Web Responsinator yang saya gunakan untuk mencoba kode script tersebut ketika diinputkan link web TulisanIB menampilkan ke halaman website kosongan (tidak ada apa-apanya alias blank) dan bukannya halaman beranda web TulisanIB, ini berarti kode tersebut work atau bekerja untuk menangkal auto visitor.

Tidak percaya? Coba lihat gambar dibawah ini.

Responsinator Teralihkan

Dan juga sudah penulis ujicoba di web jingling auto visitor-nya langsung di web autojingling.blogspot.com. Lalu bagaimana hasilnya?

Berhasil!! Visitor-visitor jingling auto visitor dari web autojingling.blogspot.com teralihkan dan tidak bisa masuk ke web TulisanIB.

Coba lihat pada gambar di bawah ini.

Autojingling Dapat Dicekal

Memang kalau dilihat sekilas sepertinya pengunjung-pengunjung robot sebanyak 328 pengunjung robot ini sukses bisa masuk ke web TulisanIB, tapi coba cek dulu di DevTools di dalam tab Console.

Terdapat kode error berwarna merah bertuliskan "503" ternyata robot-robot ini tidak bisa masuk ke web TulisanIB.

Di luar kelihatannya sukses eh pas coba dilihat di dalamnya ternyata tidak bisa masuk, ini berarti script anti jingling ini work alias sudah bekerja, Alhamdulillah Allah mudahkan semuanya.
Jangan berbuat jail ke blog milik orang lain dengan menggunakan web jingling autojingling.blogspot.com di atas, tidak boleh berbuat zhalim pada orang lain, perbuatan zhalim itu haram hukumnya dan itu berdosa.
Dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam meriwayatkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang berbunyi: "Hai hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan diri-Ku untuk berbuat zhalim dan perbuatan zhalim itu pun Aku haramkan diantara kamu. Oleh karena itu, janganlah kamu saling berbuat zhalim!" (HR. Muslim no. 4674, Syarh Shahih Muslim no. 2577)

Bagaimana? Bisa 'kan? Berikut adalah kodenya: Update 9 Desember 2023
<script>//<![CDATA[
for(var block=['auto.surf','automodarkau.blogspot','automuntah.blogspot','autonangis.blogspot','doubleadvertise.com','gammatraffic.com','jinglingin.blogspot','jinglingyuk.blogspot','maskoding.com'],b=block.length;b--;)document.referrer.match(block[b])&&window.location.replace('about:blank','noopener,noreferrer');
//]]></script>
Di link-link di atas ada link jingling ke web pornografi, jangan membuka link tersebut.

Link-link jingling di atas ada yang menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya, harap nonaktifkan gambar pada browser jika ingin mengakses link-link jingling tersebut di dalam rumah karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam rumah.
Dari Jabir ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang gambar yang ada dalam rumah, beliau juga melarang membuat lukisannya." (HR. Tirmidzi no 1671, Maktabah al-Ma'arif no. 1749)
Baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang belum tahu caranya menonaktifkan gambar pada browser.

Juga jangan berbuat jail ke blog milik orang lain dengan menggunakan web-web jingling di atas, tidak boleh berbuat zhalim pada orang lain, perbuatan zhalim itu haram hukumnya dan itu berdosa.
Dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam meriwayatkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang berbunyi: "Hai hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan diri-Ku untuk berbuat zhalim dan perbuatan zhalim itu pun Aku haramkan diantara kamu. Oleh karena itu, janganlah kamu saling berbuat zhalim!" (HR. Muslim no. 4674, Syarh Shahih Muslim no. 2577)

Cara Pemasangan Kode

Langkah Pertama
Bagi yang menggunakan script anti jingling versi sebelumnya, silahkan hapus kode scriptnya terlebih dahulu.
Langkah Kedua
Lalu copy kode yang sudah saya bagikan di atas dan paste tepat di bawah kode <head> agar visitor jingling dapat segera dengan cepat dicekal ketika halaman website baru proses loading.

Jika kalian memakai kode tag <link> atribut rel dns-prefetch dan preconnect tepat di bawah tag <head> untuk mempercepat loading blog atau website kalian, maka paste kode anti jingling tepat di bawahnya tag <link> tersebut.
Langkah Ketiga
Yang saya tandai warna kuning adalah tempat menaruh link web jingling atau auto visitor.

Bagi yang ingin menambahkan link web jingling atau auto visitor bisa ditambahkan dengan cara dipisahkan dengan tanda koma (,) dan harus menggunakan tanda petik dua (" ") ya.

Untuk link web yang paling akhir jangan diberi tanda koma (,), pemberian tanda koma hanya untuk memisahkan dengan web berikutnya.

Tidak perlu memberi .com pada link web jingling blogspot jika ingin menambahkan pada script di atas karena untuk jaga-jaga apabila ada redirect country domain seperti dulu.

Juga tidak perlu menulis www dan http atau https-nya, cukup domain utamanya saja yang ditulis, seperti yang sudah saya tulis di script tersebut di atas.

Untuk https://google.com dan yang semisalnya pada script di atas itu adalah pengecualian karena ada bot yang datang ke web TulisanIB ini dari https://google.com, https://google.com adalah fake (palsu), yang benar (real) adalah yang ada www-nya yaitu https://www.google.com, tenang, blognya masih bisa diakses melalui Google.

Pertengahan bulan Desember tahun 2020 beberapa blogger kedatangan visitor bot yang unik, yaitu link referral-nya berupa kalimat, seperti (mohon maaf): Bau Memek, Blog Kontol, Kontol Jingling.

Kalau sudah seperti ini bisa dikatakan si oknum penjingling sudah ahli dalam bidang IT (mungkin sudah jadi developer atau programmer, atau mungkin malah bisa jadi hacker DDoS).

Cara mengatasinya adalah tulis link referral yang berupa kalimat tersebut dipisah-pisah menjadi satu kata, seperti yang sudah saya contohkan pada script di atas: "Bau","Memek".
Langkah Keempat
Khusus untuk web Responsinator (responsinator.com) jangan dihapus terlebih dahulu, coba cek web atau blog kalian di web Responsinator dan masukkan link blog kalian ke kolom yang disediakan lalu klik tombol GO.

Cek di responsinator.

Apabila Responsinator menampilkan halaman web kosongan tidak ada apa-apanya atau putih saja alias blank itu berarti script sukses terpasang, jika script sudah sukses terpasang web Responsinator boleh kalian hapus.

Dibiarkan saja atau tidak dihapus pun tidak apa-apa tapi kalian nanti tidak bisa cek ke-Responsive-an blog kalian, tapi tak apa, toh juga masih ada tool lainnya untuk mengcek responsive selain Responsinator, saya pribadi memilih untuk tidak menghapusnya.

Kekurangan Script Anti Jingling

Script anti jingling ini ternyata memiliki kelemahan atau kekurangan. Berikut kelemahan atau kekurangan dari script anti jingling ini.
  1. Manual. Kita harus menginputkan link jingling sendiri secara manual.
  2. Tidak support atau tidak bisa untuk memblokir pengunjung langsung yang mengarah ke blog atau website (direct visitor atau direct traffict). Tidak bisa dikarenakan direct visitor atau direct traffict ini tidak terdeteksi sumber linknya atau perujuknya di statistik blogger jadi kita tidak bisa menuliskannya di dalam script anti jingling ini.
  3. Kurang ampuh untuk menangkal auto surf. Link atau web auto surf bisa diblokir menggunakan script anti jingling ini akan tetapi walaupun sudah diblokir pengunjung atau visitor dari auto surf ini masih tetap bisa masuk ke blog.
  4. Hanya bisa untuk mencekal robot jingling atau auto visitor tingkat rendah. Jadi tidak bisa untuk mencekal robot-robot jingling atau auto visitor tingkat menengah dan tingkat tinggi, contohnya seperti DDoS dan robot jingling seperti pada kekurangan script anti jingling nomor 2 sebelumnya.
  5. Script anti jingling ini tidak bisa berjalan jika opsi atau pengaturan javascript di browser yang sedang digunakan dimatikan, dikarenakan script anti jingling ini terbuat dari javascript. Untuk kekurangan yang nomor 4 ini saya agak sedikit ragu-ragu ini termasuk kelemahan atau tidak. Kemungkinan besar kekurangan nomor 4 ini tidak termasuk dari kekurangan script anti jingling ini dikarenakan opsi atau pengaturan javascript jika dimatikan tidak berpengaruh ke robot-robot jingling auto visitor, karena browser yang javascriptnya dimatikan adalah penggunanya (si penyerang) sedangkan robot jingling atau robot auto visitor-nya tidak. Allahu a'lam.
Ya, hanya itu saja ya kekurangan atau kelemahan dari script anti jingling ini. Kekurangan di atas adalah kekurangan yang penulis ketahui dan semoga saja tidak ada kekurangan lagi.

Menjadikan Blog Menjadi Privasi

Hah? Privasi? Yuppz...

Ini adalah cara menangkal robot-robot pengunjung jingling auto visitor paling work dibandingkan dengan script anti jingling di atas.

Kenapa? Karena dengan menjadikan blog menjadi privasi maka tidak ada yang bisa mengakses website atau blog kita kecuali kita atau orang-orang yang kita sudah undang untuk menjadi pembaca di blog atau website kita.

Saya sendiri sudah mencobanya menggunakan salah satu web jingling auto visitor tingkat tinggi dan ternyata cara ini 100% work berhasil untuk menangkal jingling atau auto visitor yang link referral-nya atau link perujuknya di dashboard statistik blog tidak terlihat atau aneh-aneh seperti "Blog Sampah" dan lainnya (lihat pada langkah ketiga pada pemasangan script anti jingling sebelumnya).

Simak caranya berikut di bawah ini:
  1. Pertama masuk ke Setelan. Lalu scroll ke bawah sampai pada bagian Izin yang berada di bawahnya bagian HTTPS. Silahkan klik pada Akses pembaca.
    Buka Akses pembaca
  2. Ubah menjadi Khusus untuk penulis jika ingin semua orang tidak bisa mengakses website atau blog kita kecuali hanya admin dan penulis. Atau boleh juga diubah menjadi Pembaca khusus jika hanya ingin orang-orang yang sudah kalian undang yang hanya bisa membaca atau mengakses blog atau website kalian. Lalu klik tombol SIMPAN yang berwarna orange.
    Ubah Akses pembaca
  3. Selesai. Ketika akan mengakses ke blog maka akan ditampilkan form login seperti gambar di bawah ini.
    Login Lanjutkan ke Blogger
  4. Tunggu beberapa saat. Biarkan blog dalam keadaan terprivasi.
  5. Jika pengunjung-pengunjung robot sudah hilang dan statistik blog sudah kembali menjadi normal, akses pembaca blog bisa diubah kembali menjadi Umum.
    Ubah Menjadi Umum

Kekurangan Atau Kelemahannya

Kekurangan atau kelemahan dari kita menjadikan blog atau website kita menjadi privasi adalah kita tidak tahu kapan pengunjung-pengunjung jingling akan datang, karena tidak mungkin kita akan terus mengawasi statistik blog kita.

Jadi cara ini hanya efektif jika kita sedang berada di dashboard blog kita. Hanya itu saja kekurangannya.

Menggunakan Cloudflare

Pembaca sekalian juga bisa menggunakan Cloudflare pada blog atau website untuk menangkal robot-robot jingling dan auto visitor.

Cloudflare menyediakan fitur proteksi anti DDoS yang bisa digunakan secara gratis untuk menangkal robot-robot jingling dan auto visitor, bukan hanya itu saja, bahkan bisa menangkal DDoS.

Menggunakan Clouflare pada blog atau website merupakan cara paling work dan paling ampuh untuk menolak jingling, auto visitor, dan DDoS dibandingkan dengan menggunakan kedua cara yang telah penulis jelaskan sebelumnya.

Tetapi untuk menggunakan Cloudflare hanya bisa untuk website atau blog yang sudah memiliki domain. Bisa juga untuk subdomain tetapi sepertinya terbatas untuk subdomain tertentu, contoh subdomain yang bisa dipasangi Cloudflare adalah .eu.org.

Di artikel ini penulis mohon maaf karena tidak bisa memberikan tutorial bagaimana caranya mengatasi jingling menggunakan Cloudflare karena penulis sendiri telah mencoba mendaftarkan TulisanIB tetapi tidak bisa karena web TulisanIB ini masih bersubdomain .blogspot.com.

Web Cloudflare bisa diakses melalui link berikut ini: https://www.cloudflare.com.

Oiya juga di website Cloudflare terdapat gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya, harap nonaktifkan gambar pada browser jika ingin mengakses Cloudflare di dalam rumah karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam rumah.
Dari Jabir ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang gambar yang ada dalam rumah, beliau juga melarang membuat lukisannya." (HR. Tirmidzi no 1671, Maktabah al-Ma'arif no. 1749)
Baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang belum tahu caranya menonaktifkan gambar pada browser.

Terdapat dua metode proteksi anti DDoS pada Cloudflare yang penulis ketahui, yaitu:

Metode menunggu 5 detik sebelum memasuki website.

Jadi metode perlindungan ini cara kerjanya adalah pengunjung akan disuruh untuk menunggu lima detik terlebih dahulu lalu setelah itu baru dialihkan ke website milik kita.

Metode ini cukup efektif untuk menolak jingling karena biasanya robot-robot jingling apabila telah masuk ke website maka akan hilang secara otomatis tidak sampai 5 detik dan menyebabkan bounce rate pada blog yang diserang tersebut menjadi tinggi.

Metode ini terkadang juga diganti dengan metode Captcha yang harus diselesaikan oleh pengunjung sebelum memasuki blog atau website kita.

Apakah kalian tahu kalau ternyata metode ini terdapat kelemahannya.

Kelemahannya yaitu yang penulis ketahui adalah apabila pengunjung yang datang dari browser mini (seperti Opera Mini dan yang semisalnya) akan stuk tidak bisa menunggu lima detik dan akhirnya tidak bisa masuk ke website kita deh, ini merupakan pengalaman pribadi penulis ketika membuka sebuah website yang terpasang Cloudflare menggunakan Opera Mini.

Metode blacklist link atau IP address.

Metode ini cara kerjanya hampir mirip seperti pada script anti jingling tadi di atas, tetapi bisa juga untuk memblokir IP address, bahkan bisa memblokir induk dari IP adress itu sendiri.

Contohnya seperti kita terhubung ke internet menggunakan kartu perdana bukan, nah itu IP address pusat atau induk kartu perdananya bisa diblokir, jadi berimbas pada IP address turunan-turunannya juga ikut diblokir, seperti itu kurang lebih gambarannya.

Kesimpulan

Bagi kalian pengguna blogspot atau Blogger.com sebenarnya tidak perlu terlalu cemas atau mungkin sampai ketakutan yang teramat sangat dengan kedatangannya robot-robot pengunjung jingling atau auto visitor ini dikarenakan server blogspot sangat-sangatlah kuat.

Mau dijingling berapapun pengunjung bot sampai komputer si penyerang meleduk sekalipun website kita masih aman dan masih bisa diakses, efeknya hanya beberapa artikel yang terkena pengunjung jingling ini di hasil pencarian mesin pencari menurun posisinya yang contohnya semula page 1 posisi 3 merosot jadi page 1 posisi 5, jadi dibawa biasa saja kawan.

Berbeda jika kalian pengguna self hosted seperti wordpress dan yang semisalnya, karena pengguna self hosted penggunaan bandwidth-nya bisa habis dan bisa membuat server mereka menjadi lumpuh.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan juga terkhusus untuk blogger yang dijingling oleh orang lain yang tak bertanggung jawab. Artikel tentang blogger lainnya: "Bahayanya Menggunakan Lazy Load".

Daftar Pustaka

  • http://www.strivingprogrammers.com/how-to-redirect-users-based-on-referrer-url-using-javascript
  • https://abangpreuner.wordpress.com/2014/02/03/javascript-window-location/
  • https://blog.kodejarwo.com/2020/06/10-cara-redirect-ke-halaman-lain-dengan.html
  • https://stackoverflow.com/questions/46147949/using-rel-noopener-in-window-open
  • https://www.inspectorpov.com/2019/01/cara-mengatasi-auto-visitor-jingling.html
Link di atas menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya, harap nonaktifkan gambar pada browser jika ingin mengakses link web tersebut di dalam rumah karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam rumah.
Dari Jabir ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang gambar yang ada dalam rumah, beliau juga melarang membuat lukisannya." (HR. Tirmidzi no 1671, Maktabah al-Ma'arif no. 1749)
Baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang belum tahu caranya menonaktifkan gambar pada browser.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: September 03, 2020
  • Date Updated: 2023-12-09T00:01:56Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/09/cara-mengatasi-jingling-auto-visitor.html

  • Share on Social Media